Selasa, 20 Desember 2016

Kegiatan Promosi



1.       Jelaskan tujuan promosi penjualan dan sebutkan macam-macam kegiatan promosi!
2.       Jelaskan mengenai bauran pemasaran.
3.       Jelaskan saluran distribusi produk yang sering digunakan dalam pemasaran produk.
Jawab:
1.       Tujuan promosi pada penjualan adalah untuk ;
a.       Mengenalkan atau memberitahukan tentang produk atau merek kepada public,
b.      Membujuk atau mempengaruhi orang agar mau membeli dan memakai produk dari perusahaan atau merek yang diperjual-belikan,
c.       Mengingatkan produk atau merek yang diperjual-belikan, dengan cara mempromosikan dengan semenarik mungkin,dan berbeda dari yang lain.
Macam-macam kegiatan promosi:
a.       Periklanan ( Advertising), bentuk promosi non personal yang menggunakan media apapun untuk menarik pembeli.
b.      Penjualan Tatap Muka ( Personal Selling), bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan.
c.       Publisitas (Publisity), bentuk promosi non personal mengenai pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan mengulas informasi/berita yang biasanya bersifat ilmiah.
d.       Promosi penjualan ( Sales Promotion), yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk kegiatan promosi  diatas yang ditujukan untuk menarik pembelian. Biasanya, secara langsung atau persuasive yang menawarkan niilai lebih untuk suatu produk pada sales force,distributor atau konsumen dengan tujuan menciptakan penjualan yang cepat.

2.       Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Yaitu Himpunan Variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk memepengaruhi tanggapan konsumen  dalam pasar sasarannya.
Terdiri dari 4 Komponen, Yaitu:
a.       Produk,Sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat,dipegang,dibeli atau dikonsumsi.
b.      Harga, Uang yang harus konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hak milik produk.
c.       Distribusi, biasanya adalah tempat kegiatan perusahaan dari membuat sampai mensuplai barang yang di produksi.
d.      Promosi, kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk yang dijual kepada sasaran.


3.       Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan atau perorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak kepemilikan produk atau jasa ketika dipindahkan dari produsen ke konsumen.
Saluran mengalihkan kepemilikan produk baik secara langsung maupun tidak langsung dari produsen ke konsumen.
Saluran distribusi bertujuan untuk mencapai pasar tertentu. Saluran distribusi merupakan suatu kesatuan dan melaksanakan system kegiatan ( fungsi ) yang lengkap dalam menyalurkan produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar