1.
Jelaskan tujuan promosi penjualan dan sebutkan
macam-macam kegiatan promosi!
2.
Jelaskan mengenai bauran pemasaran.
3.
Jelaskan saluran distribusi produk yang sering
digunakan dalam pemasaran produk.
Jawab:
1.
Tujuan promosi pada penjualan adalah untuk ;
a.
Mengenalkan atau memberitahukan tentang produk
atau merek kepada public,
b.
Membujuk atau mempengaruhi orang agar mau
membeli dan memakai produk dari perusahaan atau merek yang diperjual-belikan,
c.
Mengingatkan produk atau merek yang
diperjual-belikan, dengan cara mempromosikan dengan semenarik mungkin,dan
berbeda dari yang lain.
Macam-macam kegiatan promosi:
a.
Periklanan ( Advertising), bentuk promosi non
personal yang menggunakan media apapun untuk menarik pembeli.
b.
Penjualan Tatap Muka ( Personal Selling), bentuk
promosi secara personal dengan presentasi lisan.
c.
Publisitas (Publisity), bentuk promosi non
personal mengenai pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan mengulas
informasi/berita yang biasanya bersifat ilmiah.
d.
Promosi
penjualan ( Sales Promotion), yaitu suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk
kegiatan promosi diatas yang ditujukan
untuk menarik pembelian. Biasanya, secara langsung atau persuasive yang
menawarkan niilai lebih untuk suatu produk pada sales force,distributor atau
konsumen dengan tujuan menciptakan penjualan yang cepat.
2.
Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Yaitu Himpunan
Variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk
memepengaruhi tanggapan konsumen dalam
pasar sasarannya.
Terdiri dari 4 Komponen, Yaitu:
a.
Produk,Sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat
untuk dilihat,dipegang,dibeli atau dikonsumsi.
b.
Harga, Uang yang harus konsumen bayar untuk
membeli produk atau mengganti hak milik produk.
c.
Distribusi, biasanya adalah tempat kegiatan
perusahaan dari membuat sampai mensuplai barang yang di produksi.
d.
Promosi, kegiatan perusahaan untuk
mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk yang dijual kepada sasaran.
3.
Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan
atau perorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu
memindahkan hak kepemilikan produk atau jasa ketika dipindahkan dari produsen
ke konsumen.
Saluran mengalihkan kepemilikan produk baik
secara langsung maupun tidak langsung dari produsen ke konsumen.
Saluran distribusi bertujuan untuk mencapai
pasar tertentu. Saluran distribusi merupakan suatu kesatuan dan melaksanakan
system kegiatan ( fungsi ) yang lengkap dalam menyalurkan produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar